Sunday 30 August 2009

Buka Bersama Di IKRH Cabang Mesir


Buka Bersama Di IKRH Cabang Mesir

Disaat senja, tepatnya hari jum'at tanggal 28 Agustus 2009 warga IKRH mengadakan acara berbuka puasa bersama, yang dipandu langsung oleh departemen sosial dan minat bakat. Sebelum acara dimulai, warga IKRH yang tinggal di sekretariat sudah memulai bersih-bersih yang dikomandoi oleh Ust. M. Mugni Siregar, kemudian sore harinya panitia membeli perlengkapan yang kurang, maka pada saat azan hendak dikumandangkan warga IKRH sudah mulai berdatangan dan undangan yang kita banggakan datang dengan berbondong-bondong. Ketika azan dikumandangkan semua warga yang telah hadir sudah mulai bersiap-siap mengambil posisi masing-masing, lalu setelah berbuka seluruh anggota melaksanakan shalat berjamaah, tak lama kemudian ketua IKRH memberi komando agar acara ceramah dibuat diawal saja demi menjaga kekosongan.

Maka masuklah acara Ramadhan, pada awalnya acara dimulai dengan sambutan ketua IKRH saudara Abdul Wahid Azhari yang memberikan saran agar dibulan suci ramadhan ini mari kita tingkatkan amal ibadah kita apalagi sekarang kita telah berpuasa selama 8 hari maka harus lebih baik lagi dikemudian harinya, begitu juga halnya tentang sambutan yang disampaikan Majelis Penasehat "bersama IKRH kita harus bersama-sama meningkatkan kualitas ibadah kita". Kemudian dilanjutkan dengan acara ceramah dan tausiyah yang disampaikan oleh Ust. Khairul Arif Siregar diantara isi ceramahnya "Marilah kita jadikan IKRH ini benar-benar berlandaskan islam yaitu Al-Quran dan Sunnah sehingga kegiatan kita kedepan agar lebih islami jangan sampai kita moderat. Dan kita harus lebih memikirkan umat khususnya sebelum tidur, dibulan suci ramadhan ini jangan terlalu banyak tidur karena hadis tentang tidur itu dha'if" setelah beliau menyampaikan ceramah Mc kita khairul saleh (Master Ceremonial in Ramadhan) langsung berdiri dimimbar dan membuka tanya jawab dengan dua penanya, saudara M. Yusuf mengangkat tangan dan bertanya tentang "kontribusi apa yang harus kita laksanakan untuk warga kita yang berada di Saudi Arabia yang tinggal dibawah kolong jembatan, dan TKI kita yang berada di Dubai, dan anjuran apa yang harus kita usulkan untuk pemerintahan kita Negara kesatua Republik Indonesi?"Ust Khairul Arif tak sabar lagi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dilontarkan ia kemudian berkomentar "kita harus memiliki organisasi islam di Saudi Arabia sehingga melaui organisasi inilah kita bergerak dan memberikan bantuan" setelah ceramah dilanjutkan dengan doa. Kemudian shalat isya berjama'ah diimami oleh saudara Zulkawahdi Nunut Pasi dan melaksanakan shalat tarawih yang dipimpin oleh Ust. Mugni Siregar.

Dalam acara berbuka puasa perdana kali ini sangat unik, bagaimana tidak karena peserta yang hadir hanya sedikit dan banyak dihadiri oleh non warga IKRH, padahal yang diharapkan untuk hadir adalah warga IKRH baik anggota biasa maupun istimewa bukan non IKRH, karena kita lihat perkataan ulama yang artinya "Permulaan itu cerminan diakhir barang siapa awalnya karena Allah Swt maka diakhirnya ia akan mendapat kebaikan", mudahan-mudahan teman-teman dan sahabat-sahabat yang belum hadir pada acara ini bisa hadir dikemudian hari, amin.

No comments: