Thursday 6 August 2009

Syair-syair Qalbu

Ya Allah SWT. Hambamu merasa hampa dengan dunia Mu yang kaya ini, aku gak tahu lagi kepada siapa aku harus mengadu dan mempertimbangkan masalahku kecuali hanya kepada engkau. Ya Allah SWT kalau seandainya dunia telah keberatan akan dosa-dosa kami maka ampunilah dan hapuskanlah ia dengan taubat kami, hambamu sekarang tak tahu lagi harus berbuat apa, untuk membantu Negara tidak sanggup dan tidak terlalu bisa, kalau untuk menginventariskan ilmu, hamba merasa hampa dengan ilmu pengetahuan sehingga hamba haus dengan kerinduan kepadaMu. Ya ilahi hamba sekarang tak tahu lagi harus bagaimana menghadapi dunia yang pana ini, haruskah aku meninggalkan duniaMu, mau kemana kubuat tenaga dan ilmu yang ku peroleh, ya rabbi seandainya engkau perbolehkan untuk menangis setiap hari maka aku akan menangis sepanjang hayatku karena aku mencintaiMu forever.ya Rabb banyak sudah yang hamba jumpai dalam kehidupan ini sehingga hamba terkadang lalai dalam melewatinya. banyak yang hamba lakukan kesesatan diduniaMu ini termasuk lulusnya hamba dan sahabat-sahabat dalam ujian al-azhar apakah kami mensyukurinya atau kami semakin sombong dihadapan teman-teman kami dan engkau uji hamba dengan kesabaran yang sangat dalam. Kenapa aku hampa untuk melewatinya ? ya ilahi kapan ya dunia ini bersahabat bersama hambamu ini. Ya rabbi, aku melihat banyak yang terabaikan dalam kehidupan ini, padahal dari dahulu aku sudah mulai merencanakan kehidupanku untuk hari yang akan datang, hambapun tak tahu apa yang akan terjadi nanti hanya engkau yang mengetahui semuanya. Ya Allah kenapa iman selalu berkurang dan bertambah, ya rabb aku rela dibunuh dan terbunuh demi membela agamamu ini, ya rab rabbi berikanalah aku cahaya kehidupan yang telah engkau janjikan. Ya Allah janganlah engkau siksa kami sedangkan kami selalu berdoa dihadapanmu, dan janganlah beratkan cobaan yang engkau uji kepada kami, kami hanyalah hambaMu yang lemah dan suka lalai, Ya Allah kami telah berdoa sebagaimana yang engkau perintahkan. mudah-mudahan semua yang terjadi dihadpan kami ini merupakan tanda kecintaanMu kepada kami. Amin

Nada-nada dakwah

Kalau dalam berdakwah bukan hanya kepintaran saja yang kita suguhkan terhadap khalayak rame sehingga mereka bosan dengan metode yang kita tawarkan terhadap mereka, kita harus lebih bijak dari pada presiden yang sedang berpidato, maka saya sebagai penulis buku ini menawarkan berbagai macam metode yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami;
1. Berbuat baiklah sebanyak mungkin sehingga perbuatan kita menjadi teladan bagi yang lain, jangan pernah terputus, segan, malu, dan bimbang untuk melakukan kebaikan jikalau kita ragu dan bimbang akan membuat kita terjerumus kedalam dunia yang tidak kita inginkan.
2. memiliki kualitas ilmu yang akan kita sampaikan terhadap khalayak ramai sehingga pendengar tidak terlalu bosan dengan ilmu yang kita sampaikan, oleh karena itu kita harus menimba ilmu dari berbagai sumber dan menggabungkan ilmu tersebut kedalam hal yang lebih lezat dirasakan oleh masyarakat.
3. membawa pendengar dengan menyatukan dan memasukkan psiikologi saling konek satu sama lain sehingga ara pendfenganr tisak terlalu bosan untuk mendengarkan.

4. memahami karakter masyarakat baik dari segi kebiasaan dan bahasa sehingga tidak ada yang tersinggung dan disakiti hatinya.

Mentari menjelang kehadiran sang rembulan,saat fajar tiba banyak orang yang memenuhi kehidupannya dengan kesibuakan mereka sehingg mereka lupa akan hakikat kehidupan kenapa ya seperti ini jadinya apa yang harus aku lakukan demi memenuhi kehidupan ini, mereka mulai memulai hidup mereka dengan kebaikan dan ada yang terbawa oleh angina kehidupan, kau heran kenapa mereka melupakan ciptaan mereka padahal mereka sangat membutuhkan khlaiq mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup ini,

Kehampaan hidup ini membuat manusia terlena
Adakah benang biru yang akan menyatukan cinta kami,

Apakah yang membuat manusia akan istiqomah dalam menjalani hidup ini ? untuk menjawab pertanyaan ini kita butuh proses dalam menjalani arus kehidupan, pertama kita harus melangkah dengan bismillah dan merenungkan apa untung dan ruginya dalam melakukannya kedepan. Kadang aku terlena oleh dosa yang selalu merayu dan membungkus imanku kalau seandainya Allah SWT tidak menciptakan kejahatan maka kehidupan ini hanya begitu-begitu saja, sehingga banyak yang tak tahu apa itu kenikmatan dan apa itu kesusahan, ya rabbi sungguh indah cipataan mu ini sehingga membuat kami terasa lapang untuk berbuat, pada hari ini aku agak malas dalam belajar kenapa ya padahal cita-cita amat sangat tinggi, jadi ada gak solusinya ya biar aku tidak lagi malas, haruskah aku mencari solusi keliling dunia atau aku harus menatap wajahku yang sepadan atau aku harus menancpkan seluruh azam ku untuk mendekati rab sang pengasih sudah tentu pasti aku harus mengenali Allah SWT biar aku mudah untuk memahami kehidupan ini.

yusuf_hambaallah/yusuf_ibnuthib@yahoo.com

No comments: